1
Flashdisk palsu sebenarnya gampang dikenali kalau kita lihat dari segi Harga, kalau Harga jauh lebih Murah daripada Kualitas-nya misal Flashdisk 64 GB dijual seharga Rp. 90.000 pasti orang akan tahu kalau Flashdisk itu ada apa"nya, tapi jika ada yang menjual Flashdisk Palsu dengan harga Original-nya semisal 64 GB dihargai Rp. 350.000 wah kita belum tentu tahu apakah Flashdisk itu Asli atau Palsu. 



Ciri - Ciri Flashdisk Palsu

1. USB Flashdisk
USB pada flashdisk palsu tidak ada tulisannya dan ukurannya lebih pendek jika dibandingkan dengan ukuran USB flashdisk original.
2. Posisi Flashdisk
Posisi flashdisk palsu saat dicolok, sedikit bengkok ke bawah / tidak lurus, namun pada flashdisk original posisinya lurus.
3. Proses Pengiriman Data
Pengiriman data pada flashdisk palsu, kecepatannya cenderung tidak stabil. Kadang cepat, kadang lambat. Sedangkan pengiriman data pada flashdisk original, kecepatannya stabil sehingga bisa lebih mempersingkat waktu
4. Kapasitas yang tertera pada kemasan Flashdisk
Pada flashdisk palsu atau kw, kapasitas yang tertera di kemasan tidak sesuai dengan kapasitas flashdisk. Misal, pada kemasan flashdisk kw tertera kapasitas 16 GB, tapi nyatanya setelah di cek di komputer, isinya Cuma 2 GB.
5. Harga Flashdisk Abal-abal jauh lebih murah dibandingkan dengan Flashdisk Original
Kalau 8GB flashdisk original bisa mencapai harga Rp.80.000an, flashdisk abal – abal bisa dibeli dengan harga cuma Rp.50.000an.
6. Flashdisk KW sulit dideteksi di Komputer
Flashdisk original cendrung sekali colok bisa langsung terdeteksi komputer, tapi flashdisk abal – abal, perlu beberapa kali colok supaya bisa terdeteksi oleh komputer.
7. Data Mudah Rusak
Sering kali data-data yang disimpan dalam flashdisk abal – abal mudah rusak sendiri, folder-folder penyimpanan berubah jadi huruf ngak jelas, data eror, hilang sebagian dan sebagainya.
8. GARANSI
Biasanya, penjual tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan pada flashdisk abal – abal. Bisa rugi mereka kalau harus mempertanggung jawabkan kerusakan pada flashdisk palsu ini, karena flashdisk ini dijamin akan mengalami kerusakan. Akhirnya mereka tidak mau memberi garansi pada setiap penjualan flashdisk abal – abal ini. Sekali rusak anda harus beli lagi. Sedangkan pada flashdisk asli, garansinya ada, bahkan sampai beberapa bulan dan tahun.


Untuk mengecek Flash Asli/Palsu bisa mencoba hal" berikut

Cek Format Flashdisk
Biasanya pada Flashdisk palsu Default Formatnya adalah exFAT, dan tidak ada pilihat Format FAT32

fakeflashdrive

Tes Menggunakan Software h2testw
--
h2testw
--

Ketahui Merek Flashdisk
1. Klik kanan Computer atau My Computer - lalu pilih Properties
--
merekflashdisk
--
2.Setelah anda meng-klik Properties , akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu pilih Device Manager
--
merekflashdisk
--
3.Setelah anda mengklik Device Manager , maka akan tampil seperti gambah dibawah ini. Yang menunjukkan pada menu Disk Drive dan Portable Device tertera nama merek atau jenis Flashdisk anda. Semisal disini kita memakai Flashdisk Toshiba, sehingga tertera Toshiba Device. Apabila Flashdisk anda palsu, maka pada menu Disk Drive dan Portable Device tidak akan tertera nama / merek yang sesuai dengan label Flashdisk anda.
--
merekflashdisk
--
Referensi : 
http://amanz.id/20151110/ayo-kenali-ciri-ciri-flashdisk-palsu/
http://www.arbamedia.com/2015/04/cara-cek-flashdisk-asli-atau-palsu.html
http://itnet-padang.blogspot.sg/2014/03/cara-membedakan-flashdisk-asli-atau.html

Post a Comment

 
Top